Ketua IDI Klaten Sampaikan Kuliah Umum Di Duta Gama

Selasa, 03 Apr 2018, 09:32:38 WIB - 97 View
Share
Ketua IDI Klaten Sampaikan Kuliah Umum Di Duta Gama

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Klaten sampaikan kuliah umum di kampus STIKES Dutagama dengan tema “Tantangan Tenaga Kesehatan Dalam Era Globalisasi”, Sabtu (24/2/2018). MEA menjadi tantangan bagi Pengelola perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas.

“Globalisasi berdampak terhadap perubahan berbagai aspek kehidupan manusia yang menyeluruh. Begitu juga dampak terhadap pelayanan kesehatan, perkembangan penyakit maupun kondisi sosial masyarakat”, kata Dr.Muh Husen Prabowo, MPH, Ketua IDI Klaten,dihadpadan puluhan mahasiswa baru di kampus STIKES Duta Gama, Desa Meleset, Kecamatan Ceper.

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menurutnya tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga tenaga kerja profesional seperti halnya dokter, pengacara, akuntan dan lainnya. Hal ini menjadi tantangan dan peluang tenaga kesehatan Indonesia.

“Agar tenaga kesehatan Indonesia dapat bersaing dengan tenaga kesehatan dari Negara-negara Asia Tenggara maka tenaga kesehatan Indonesia harus disiapkan menjadi tenaga kesehatan yang berdasarkan kebutuhan pengguna (demand driven) dan proses pendidikan dan pelatihan pendekatan berbasis kompetensi (competency based training)”, ucapnya.

Husen mengungkapkan standar nasional pengembangan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran melalui pengalaman di tempat kerja dan masyarakat menjadi acuan institusi pendidikan dalammempersiapkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan mempunyai daya saing.

“Seseorang yang mempunyai kompetensi akan mampu mengerjakan tugas tertentu, mengorganisasikan pekerjaan, melakukan penyesuaian jika terjadi perbedaan dari perencanaan dan menggunakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan dalam kondisi yang berbeda”, ungkapnya.

Husen berharap jangan sampai kita menjadi tamu di rumah sendiri. Stikes Duta Gama harus mampu mewujudkan visinya sebagai penyelenggara pendidikan kesehatan yang bermutu dan mampu bersaing di Era Globalisasi.

Ketua IDI Klaten Sampaikan Kuliah Umum Di Duta Gama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Duta Gama Klaten merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta yang terletak diantara kota surakarta dan yogyakarta, dibawah naungan Yayasan Mitra Insnai Klaten. Kampus ini telah beridiri sejak 5 September 2005 dengan Nomor SK PT 125DO2005 dan Tanggal SK PT 5 September 2005 , Sekolah Tinggi ini beralamat di Jl. Solo – Jogja KM.5 Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten, kabupaten/kota Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kode Post : 57465, Nomor Telp : 0272-332362, Fax : 0272-332363, Email : dutagama_klaten@yahoo.com
Ketua IDI Klaten Sampaikan Kuliah Umum Di Duta Gama© 2018 EJP Media Follow Ketua IDI Klaten Sampaikan Kuliah Umum Di Duta Gama : Facebook Twitter Linked Youtube